Selasa, 12 November 2013

BAGAIMANA OTAK MEMBUANG RACUN SELAMA TIDUR




O
tak merupakan salah satu organ tubuh yang paling berguna karena fungsinya sebagai penggerak semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Otak sendiri merupakan organ tubuh yang rentan terhadap setiap kondisi dan situasi yang Anda lakukan, saat Anda makan, jatuh, dan kegiatan lainnya sangat mempengaruhi kondisi kesehatan otak, mulai dari terganggu akibat adanya racun, penggumpalan darah, bahkan bisa kanker.
Masalah yang menjadi tren dalam dunia kesehatan dikalangan spesialis dokter otak adalah cara mengatasi atau membuang racun yang terdapat didalam otak manusia, sehingga berbagai macam penelitian dan juga pembuatan obat untuk mengatasi masalah ini.
Ternyata, baru-baru ini, para Ahli dan peneliti dari Amerika Serikat mensosialisasikan tentang hasil risetnya selama ini tentang pembuangan racun dalam tubuh dan otak, yaitu " Ketika manusia mencapai tidur yang baik, racun yang masuk kedalam tubuh bisa dimusnahkan, karena saat tidur otak memberikan perintah keseluruh bagian tubuh untuk membersihkan semua racun yang ada didalam tubuh".
Hasil penelitian ini menyatakan, bahwa sel otak akan menyusut dan megurangi semua aktivitas yang berhubungan dengan ingatan selama Anda sedang tidur.
Selama itulah cairan pembersih racun yang dihasilkan secara otomatis oleh tubuh masuk ke seluruh bagian tubuh termasuk otak untuk mencuci racun yang ada didalamnya, dan akan mengeluarkannya melalui air kencing, maupun Kotoran lainnya.


Penelitian tersebut, para peneliti menyuntikkan zat warna ke dalam cairan CSF tikus dan mengamati bagaimana cairan itu mengalir ke seluruh bagian otak sembari memonitor aktivitas listrik otak . cairan mengalir cepat karena tikus tak sadar, entah tidur atau dibius. Sebaliknya, cairan nyaris tak bergerak ketika tikus dalam keadaan sadar.

Salah satu dari peneliti ini juga mengatakan bahwa sistem pembersihan yang ada didalam tubuh bekerja 10 kali lebih efektif saat Anda dalam kondisi tidur yang baik. Maka dari itu, untuk menjaga kondisi tubuh dan otak Anda dari racun, Anda harus mampu untuk menjaga istirahat Anda dalam bentuk tidur.

Tidur yang paling baik dan efektif yang bisa Anda lakukan dalam sehari adalah 6-8 jam. Sedangkan apabila Anda tidur terlalu lama, maka akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh dan otak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar